Nyamuk menjadi salah satu hewan yang sangat menyebalkan. Selain, gigitan nyamuk membuat kulit kita terasa gatal, suara bisik yang ditimbulkan oleh nyamuk juga dapat menyebabkan penyakit berbahaya seperti demam berdarah dan malaria.

Berikut tips agar rumah terbebas dari nyamuk :

  • Tutup Celah yang ada di Pintu dan Jendela

Ukuran nyamuk yang kecil memungkinkannya masuk ke dalam ruangan melalui celah-celah udara, termasuk melalui pintu dan jendela rumah. Terkadang kita nggak sadar tentang hal ini. Maka dari itu, ada baiknya kamu mencoba cara mengusir nyamuk dengan menutup celah-celah tersebut dengan papan tambahan atau klambu. Memasang papan dan klambu pada jendela, pintu dan lubang ventilasi dapat menghalau masuknya nyamuk ke dalam ruangan.

Cara mengusir nyamuk ini dijamin akan mengurangi intensitas nyamuk masuk ke dalam ruanganmu. Anda juga sangat disarankan untuk tidak membuka pintu dan jendela rumah terlalu lama. Segera tutup setelah membukanya.

  • Jangan menumpuk pakaian kotor terlalu lama

Seringkali kita menumpuk atau mengantung pakaian kotor hingga berhari-hari. Tanpa kita sadari menumpuk dan mengantung pakaian kotor dapat menjadi sarang atau tempat berkembangbiaknya nyamuk.

Nyamuk menyukai tempat-tempat yang lembab dan kotor. Oleh karena itu, penting bagi kita untuk menjaga kebersihan dan kelembaban rumah. Jangan menumpuk dan mengantung pakainan kotor terlalu lama. Segeralah cuci pakaian Anda setelah digunakan.

  • Perbaiki Sirkulasi Udara

Penting bagi kita untuk menjaga sirkulasi udara yang masuk ke dalam ruangan rumah. Pasalnya, nyamuk senang berada di lingkungan yang lembab.

Agar ruangan tidak lembap, Anda juga bisa membuka jendela pada siang hari supaya udara di dalam rumah tidak lembap, dan sirkulasi udara yang masuk pun akan baik.  

  • Buang sisa makanan dan jaga kebersihan dapur

Dapur merupakan tempat favorit bagi serangga tak terkecuali dengan nyamuk. Buanglah sisa-sisa makanan pada tempat sampah di dapur, segera cuci piring dan peralatan masak Anda (jangan dibiarkan semalaman). Segera bersihkan lantai-lantai yang kotor. Begitu juga dengan laci-laci dan tempat penyimpanan di dapur secara rutin. Simpan bahan makanan Anda pada wadah yang tertutup.

  • Bersihkan perabotan yang menampung air

Bersihkan tempat-tempat penampungan air yang ada di lingkungan rumah Anda, minimal seminggu sekali. Seperti bak mandi, ember, tempayan, atau alas pot bunga harus dikuras dengan rutin dan tutup rapat-rapat agar tidak menjadi tempat bertelurnya nyamuk.

Pastikan selokan dan talang air bebas dari sampah dan tidak tergenang air. Apabila di rumah Anda terdapat kolam, isilah beberapa ekor ikan sebagai predator alami larva nyamuk.

  • Aplikasikan cat yang dibenci oleh nyamuk

Alternative cara mengusir nyamuk yang dinilai cukup efektif ialah dengan menggunakan cat berwarna tertentu. Ternyata ada warna-warna cat yang dibenci oleh nyamuk. Seperti, warna cat kuning, hijau kuning kecokelatan, biru kehijauan dan warna putih.

Warna kuning menurut studi, merupakan warna yang paling sulit diidentifikasikan oleh nyamuk karena sangat membingungkan bagi mereka.

Warna hijau yang kerap diasosiasikan dengan tumbuhan dan sangat menarik untuk dijadikan pilihan. Selain, uratan warna berkesan alami ini pun sangat cocok untuk dijadikan aksen dekorasi rumah. Seperti karpet, sofa, cushion, taplak meja, hingga tanaman-tanaman berwarna hijau  bisa dijadikan pilihan dekorasi Anda. Disarankan pula untuk menetapkan tanamna hijau pengusir nyamuk seperti peppermint, basil, lavender dan serai.

Warna cat kuning kecokelatan sering disebut juga sebagai warna khaki yang memang kerap kali dijadikan pilihan untuk memulas dinding. Warna ini juga ampuh untuk menangkal nyamuk.

Sama seperti anjing dan kucing, nyamuk juga tidak memiliki kemampuan untuk menangkal dan membedakan warna (buta warna). Warna-warna cerah tidak memiliki kemampuan untuk mengikat gas CO2. Semakin terang spectrum warnanya, tentu akan semakin banyak menangkal penyerapan gas ini. Maka dari itu, warna cat biru kehijauan cocok untuk menangkal nyamuk.

Berdasarkan studi yang dilakukan oleh ahli, nyamuk memiliki kecenderungan menyukai warna dengan spectrum gelap. Warna putih tidak menyerap serta menyimpan kandungan CO2 yang di keluarkan tubuh. Gas CO2 sangat disukai oleh nyamuk. Sehingga warna-warna cat di atas sangat cocok untuk mengusir nyamuk.

Perumahan Asri & Aman

Kami selalu mengedepankan lingkungan perumahan yang hijau & aman untuk keluarga Anda. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut..

sumber : 99.co/blog

Write A Comment