Menata rumah kecil seringkali berarti kita harus pintar-pintar membagi fungsi ruang, apalagi jika jumlah ruangan yang ada cukup terbatas. Menata rumah kecil seringkali menjadi hal yang cukup sulit karena banyaknya perabotan. Tetapi memiliki rumah dengan ruang yang sempit bukan berarti menghalangi aktifitas dan kreativitas di dalam rumah.  Oleh karena itu penataan ruangan yang tepat menjadi sesuatu yang penting.  Berikut tips menata ruangan sempit

  • Warna cerah untuk pengecatan dinding

Para ahli arsitektur dan desain interior merekomendasikan cat berwarna putih dan warna cerah lainnya untuk diaplikasikan pada ruangan atau rumah kecil. Dengan warna cerah, rumah kecil akan terasa lapang, segar, dan terang. Mengaplikasikan cat berwarna gelap pada ruangan akan membuat rumah kecil terlihat lebih nyaman, tetapi membuat rumah kecil semakin kecil. Bukannya memantulkan cahaya, warna cat gelap malah menyerap sumber pencahayaan yang masuk, alhasil rumah terlihat suram.

  • Rak rendah

Penggunaan rak atau lemari yang rendah membuat permukaan dinding tetap terlihat. Permukaan dinding yang tetap terlihat secara psikologis membuat ruangan terasa lega.

  • Memanfaatkan Sudut Ruangan

Setiap ruang kosong – baik itu di bawah tangga, di bagian atas dapur, di bawah toilet kamar mandi, dapat dicadangkan untuk memaksimalkan kegunaan di dalam rumah.

  • Hemat ruangan dengan furniture lipat

Compact furniture juga dapat dimanfaatkan guna menghemat tempat saat menata ruangan sempit. Bentuk dan desain compact furniture yang ringkas dan ramping dapat dengan mudah dilipat dan dikembalikan ke posisi awal seusai digunakan. Sebagaimana meja lipat di ruang  makan bernuansa putih ini, yang mana fungsi awalnya dimanfaatkan sebagai meja dapur.

  • Menggunakan Furniture Multifungsi

Meletakkan lemari kecil dan meja di ruang sempit pada rumah kecil malah akan membuat rumah kecil terasa penuh dan sesak. Mengapa tidak menggunakan meja berlaci atau kabinet multifungsi yang dapat difungsikan sebagai lemari bersamaan? Saat ini, meja multifungsi tersedia banyak di pasaran dengan harga bervariasi. Dengan memanfaatkan furniture multifungsi, kamu telah menghemat ruang pada rumah kecil yang kamu huni. Jika kamar tidur sempit dan kamu membutuhkan ekstra ruang untuk menyimpan peralatan, beli kasur yang memiliki laci di bawah tempat tidur yang dapat difungsikan sebagai lemari penyimpanan. Ada juga meja kantor yang memiliki lemari penyimpanan, seperti meja belajar anak-anak, tapi kapasitas penyimpanannya dapat kamu manfaatkan untuk membuat rumah kecil kamu terasa besar.

  • Furniture Dinding untuk TV

Jika ruang keluarga di rumah kecil kamu sempit, jangan ragu untuk menaruh beberapa alat elektronik di dinding. Gantung televisi di dinding, letakkan pemutar DVD, konsol game, atau speaker di dinding untuk memberikan ruang terbuka pada lantai.

  • Aplikasikan Cermin Ukuran Besar Pada Ruangan

Tips yang cukup popular untuk digunakan oleh sebagian orang adalah menggunakan trik cermin ukuran besar yang diletakkan pada sudut strategis didalam ruangan. Cara ini cukup efektif untuk mendapatkan kesan luas pada ruangan yang kecil. Jika memungkinkan, anda dapat meletakannya pada posisi berseberangan dengan jendela yang menghadap ke pemandangan luar. Cara ini akan memberikan ilusi seolah-olah ruangan mempunya dua sisi jendela, yang pastinya efek ruangan menjadi terasa lebih luas. Pilihlan jenis cermin yang mempunyai warna senada dengan ruangan, dan dapat dipastikan juga model cermin yang dipilih agar disesuaikan dengan konsep interiornya. Jika konsep interior anda menggunakan klasik, sebaiknya pilih cermin dengan desain vintage. Tetapi jika konsep interior anda adalah moderen, pilihlan cermin dengan  bentuk minimalis dan lebih sederhana.

  • Pemasangan Wallpaper

Dalam menata rumah kecil, pilihlah warna-warna netral atau terang seperti putih, biru, hijau, atau kuning agar ruangan tampak lebih lapang. Warna-warna gelap tidak direkomendasikan karena cenderung membuat ruangan terasa sempit.

Sedang Mencari Rumah Impian?

Midtown Residence Purwokerto merupakan komplek hunian premium di tengah kota Purwokerto dengan fasilitas lengkap dan lingkungan yang asri.

Write A Comment