Ruangan dengan bau yang tidak sedap pasti membuat kita tidak nyaman. Oleh karena itu, kita membutuhkan pengharum ruangan. Ada beberapa jenis pengharum ruangan, yaitu pengharum ruangan alami dan pengharum ruangan sintetis. Pengharum ruangan sintetis terbuat dari bahan-bahan kimia yang terkadang dapat membahayakan tubuh.

Sedangkan pengharum ruangan alami terbuat dari sari tanaman atau dari tanaman itu sendiri. Tanaman selain sebagai pelengkap dekorasi ruangan Anda, tanaman juga dapat dijadikan pengharum ruangan alami. Sebagai contoh tanman lavender, melati, geranium, mawar, dan lain sebagainnya. Meskipun banyak yang menjual pengharum ruangan sintetis. Tanaman-tanaman tersebut bisa dijadikan pilihan pengharum ruangan Anda yang aman dan baik bagi tubuh.

Berikut beberapa tanaman yang dapat dijadikan pilihan dekorasi dan pengharum ruangan alami Anda :

  1. Lavender

Lavender mempunyai bentuk bunga yang kecil dan berwarna ungu kebiruan. Selain memiliki aroma yang menenangkan, harum dari bunga Lavender juga dipercaya dapat mengusir nyamuk di rumah. Kandungan linalool yang terdapat pada bunga lavender dapat digunakan sebagai penenang untuk mengurangi kecemasan. Sehingga, sangat cocok kalau ditanam di kamar atau ruang keluarga.

  • Melati

Bunga jasmine atau bunga melati adalah salah satu jenis bunga yang sangat populer di Indonesia. Tanaman ini mempunyai keharuman khas dan tajam, sehingga cocok dijadikan sebagai pengharum di ruangan Anda.

  • Geranium

Geranium adalah salah satu dari spesies tumbuhan dalam keluarga Geraniaceae. Aroma bunga dari tanaman ini sangat manis dan bersifat menenangkan. Maka tak heran, bunga ini dijadikan sebagai salah satu bahan ketika seseorang melakukan perawatan memanjakan tubuh dan menenangkan pikiran atau aroma terapi. Seperti lavender, geranium juga bisa digunakan untuk menenangkan suasanan hati dan membuat tidur menjadi lebih nyenyak. Wangi yang dihasilkan sangat lembut, mampu menenangkan wanita yang sedang Pre-Menstrual Syndromes (PMS) atau pun yang sudah menopause. Sayangnya tanaman ini hanya bisa tumbuh pada media tanah dengan kualitas tinggi dan suhu udara dingin. Butuh keahlian khusus untuk membuat tananan ini tetap hidup di dalam ruangan.

  • Mawar

Bunga mawar dikenal sebagai simbol untuk cinta dan kasih sayang, juga dikenal sebagai salah satu sumber obat alami dan aromaterapi juga sebagai pengharum ruangan alami. Kandungan fenolat di dalam bunga mawar bersifat anti-inflamasi sehingga bagus untuk melindungi tubuh dari zat-zat jahat yang merusak.

  • Chamomille

Bunga yang sering ditemukan sebagai campuran dalam minuman teh ini juga sangat cocok digunakan sebagai tanaman aromaterapi.Manfaat lain dari bunga Chamomile ini adalah sebagai obat sakit kepala, antidepresan ringan, obat sakit perut dan muntah-muntah. Meskipun banyak ditemukan tumbuh liar di tanah kosong dan pinggir jalan, sebetulnya bunga Chamomile juga cocok digunakan sebagai tanaman hias di rumah Anda.

  • Gardenia

Gardenia menghasilkan bunga berwarna putih yang indah. Bunga Gardenia dapat digunakan untuk mengharumkan ruangan dan juga dekorasi ruangan Anda. Tetapi, gardenia membutuhkan cahaya matahari dan kelembaban yang cukup. Kalau kamu ingin memasukkannya ke dalam kamar tidur, sebaiknya letakkan di dekat jendela.

Perumahan Asri & Aman

Kami selalu mengedepankan lingkungan perumahan yang hijau & aman untuk keluarga Anda. Hubungi kami untuk informasi lebih lanjut..

Write A Comment